Swiss Bakal Tuntut Google Street

Achmadvm


JENEWA - Kontroversi kehadiran Google Street masih berlanjut, kendati layanan peta digital ini masih tetap dipertahankan Google. Alhasil negara seperti Swiss pun ikut-ikutan bakal melayangkan gugatan.

Komisi pengawas Swiss mengumumkan akan segera menuntut Google atas layanan Google Street ke pengadilan. Mereka menilai layanan tersebut telah melanggar hak privasi seseorang. Dalam tuntutannya nanti, lembaga itu menginginkan Google mengubah aplikasi di Google Street.

Dalam tuntutannya itu mereka menginginkan agar Google memastikan bahwa semua wajah dan pelat mobil dibuat kabur. Selain itu mereka juga menuntutut agar menghapus gambar dari area pribadi seperti taman dan jalan-jalan utama di Swiss.




"Banyak wajah dan plat nomor kendaraan harus di-blur untuk memberikan perlindungan data, terutama di mana orang yang bersangkutan akan ditampilkan di lokasi sensitif, misalnya di luar rumah sakit, penjara, atau sekolah," kata Komisaris Hanspeter Thuer, seperti yang dikutip Yahoo Tech, Minggu


"Ketinggian kamera yang diambil Google juga bermasalah. Sebab pagar dan dinding yang sifatnya tertutup dan pribadi dengan mudah akan dilihat orang kebanyakan," tambahnya.

Melihat tuntutan tersebut Google akan mematuhi semua kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Swiss. "Kami percaya bahwa Google Street akan selalu taat hukum, termasuk juga di Swiss," kata Matthias Meyer, juru bicara perusahaan.

Meyer mengatakan itu adalah pertama kalinya Google dituntut karena pelayanan itu, yang katanya sangat populer di Swiss, di mana puluhan juta gambar telah dilihat sejak Agustus silam.

Perusahaan yang berbasis di California itu pun telah mengusulkan lima langkah untuk meredakan kekhawatiran Thuer, dan berencana untuk mengubah versi baru dari software dengan meningkatkan tingkat blur pada mobil, dan wajah yang terekam.....




Achmadvm AchmadVM is an indonesian programmer, blogger, Windows user, founder of blogger-creative.blogspot.com. He lives in Sidoarjo, Indonesia. Follow Creative on Twitter or take a look at his Facebook Profile.

Share this post

Feeds RSS Subscribe to Feeds RSS
Email Email to AchmadVm

4 komentar:

andien mengatakan...

wahh Google terlalu over tuhh!!!

Achmadvm mengatakan...

@andien...iyah kayaknya nihh.....

boogle mengatakan...

kek na sy stuju tuh untuk wilayah privasi emang harus begitu

Achmadvm mengatakan...

@boogle iya tuhh kayaknaa....

Posting Komentar

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.


Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan). Jika komentar anda berupa pertanyaan, Langsung email ke Ecomputex@gmail.com>>